Senin, 16 Oktober 2017

Kenali Hypoxia, Sebuah Gejala yang Diduga Dialami Choirul Huda Sebelum Meninggal



Hypoxia


Hypoxia

Kenali Hypoxia, Sebuah Gejala yang Diduga Dialami Choirul Huda Sebelum Meninggal

Belakangan ini kematian Choirul Huda sang kiper Persela Lamongan menjadi berita yang viral di sosial media. Banyak orang yang tak menyangka bahwa Choirul Huda akan meninggal dengan tragis di lapangan setelah insiden benturan dengan Ramon Rodrigues yang merupakan rekan satu timnya. Choirul Huda diduga mengalami Hypoxia akibat insiden benturan tersebut. Di ketahui bahwa setelah insiden tersebut Choirul Huda sempat mengungkapkan rasa sakit pada bagian dadanya sebelum akhirnya pingsan dan terpaksa dilarikan ke RSUD dr. Soegiri Lamongan.

Hypoxia


  

Dalam ilmu medis, Hypoxia berarti suatu kondisi dimana seluruh jaringan tubuh kekurangan oksigen akibat terjadinya henti jantung dan henti nafas. Orang yang mengalami Hypoxia akan kesulitan untuk bernafas, bahkan dalam beberapa waktu jantung akan berdetak lebih cepat sebagai upaya untuk merespons penyuplaian darah kepada otak. Hingga pada akhirnya jantung akan berhenti total saat sudah pada batasnya. Kekurangan oksigen pada jaringan tubuh pun membuat korban tak dapat untuk berbicara. Di saat kondisi ini maka orang yang mengalami Hypoxia harus mendapatkan alat bantu pernafasan paten demi memompa jantung dan mengalirkan oksigen keseluruh jaringan tubuh. 

Hypoxia


  

Namun tindakan ini tak dapat sepenuhnya bisa berhasil karena hal ini tergantung pada respon otak setelah dibantu dengan alat bantu pernafasan pemompa detak jantung dan oksigen. Jika otak tak merespon usai Hypoxia, maka yang akan terjadi adalah seperti yang dialami oleh Choirul Huda. Ia dinyatakan meninggal dunia setelah beberapa jam otaknya tak merespon meski telah dipasangkan alat bantu pompa jantung dan oksigen. Dilansir dari spinalcord.com, terdapat empat penyebab utama Hypoxia. Diantaranya adalah tidak ada atau sedikit oksigen darah, serta adalah tak ada atau sedikitnya suplai darah ke otak. 

 Hypoxia


Baca juga info : kursus bahasa arab



Sementara itu dampak Hypoxia terhadap kematian atau kerusakan otak pada manusia bergantung pada tingkat kekurangan oksigen pada korban. Kekurangan oksigen yang bersifat minor akan membuat korban Hypoxia mengalami kerusakan otak secara bertahap, namun jika mengalami kekurangan oksigen dalam skala besar maka akan menyebabkan kerusakan instan dan kematian. Mayoritas orang yang terkena Hypoxia meninggal dalam waktu 10 menit dari kekurangan oksigen total.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar